Sabadesa.Id – Kabandungan. Kegiatan Musrenbangdes untuk tahun 2018 di desa Cianaga yang di laksanakan pada hari Kamis 16 November 2017 berjalan dengan lancar,  Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Balaidesa Cianaga dan dihadiri oleh 74 Orang dari berbagai stakeholder, tim monitoring, Camat Kabandungan, Kapospol, Danposramil, UPTD Kesehatan, DPPKB, BP3K, BPD, LPM, PKK, BUMDES dll.

Kepala desa Cianaga Odang Abidin, S.Ag dalam kegiatan tersebut sangat  bersyukur dengan adanya dana desa, pembangunan infrastruktur desa cianaga sedikit membaik dengan adanya Dan Desa, namun masih ada sekitar 3 km jalan utama yang menjadi target prioritas tahun 2018.

Meski desa cianaga termasuk kriteria desa tertinggal bukan berarti tidak memiliki impian untuk lebih baik bahkan yang terbaik. namun untuk menuju kearah itu dirinya mengaku tidak ingin instan, ingin menikmati prosesnya meski penuh dengan tantangan terutama mengubah mindset masyarakat desa cianaga yang masih  rendah kesadarannya terhadap pentingnya pendidikan.

Camat Kabandungan dalam kegiatan Musrenbangdes itu menuturkan pentingnya peran SDM dalam membangun Desa, dan peningkatan kapasitas SDM salasatunya bisa melalui kegiatan pemberdayaan Masyarakat, termasuk pihak ke 3 misalnya Star Energy tidak lagi ke pembangunan fisik akan tetapi sudah memprioritaskan ke pemberdayaan dan peningkatan kapasitas SDM. Ada sejumlah point penting dari pesan beliau, diantaranya :

  1. Apresiasi kepada desa cianaga yang sudah lunas pajak pbb nya.
  2. akan menertibkan IMB para pengusaha di wilayah kabandungan terutama pengusaha peternakan yang tidak peduli dengan lingkungan
  3. e-infak harus ditingkatkan
  4. evaluasi kinerja kelembagaan desa perlu diperbaiki dan diefektifkan
  5. bumdes perlu direvitalisasi
  6. Penekanan pentingnya peranan Siskudes
  7. prosesi musrenbangdes harus sesuai aturan dari bappeda
  8. desa harus bisa mendesain pola partisipasi pengawasan realisasi DD

Pesan dari Kapospol Kabandungan Bpk.Ade Kuswari yang direspon oleh PLD Cianaga Wahyudin bahwa di desa khususnya bahkan mungkin di tingkat yg lebih luas lagi setiap pembangunan baik fisik maupun non fisik yg jarang difikirkan adalah anggaran untuk pemeliharaannya (maintanance) dan perawatan (services) yg padahal hal tersebut sangatlah penting guna terpeliharanya sebuah pembangunan.

Kapospol juga mengusulkan agar dibangunkan poskamling di tiap kedusunan agar terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat.(eher)