Sabadesa.Id – Kabandungan. Pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) tahun 2017 Desa Mekarjaya telah selesai di laksanakan sesuai jadwal yang yang direncanakan, yakni pada hari Rabu (15/11/2017) di Aula Balaidesa Mekarjaya. Acara yang dimulai pukul 9.00 WIB tersebut berjalan dengan sukses dan lancar .

Musyawarah RencanaPembangunan Desa yang dihadiri sekitar 60 orang peserta dari berbagai unsur diantaranya  Perangkat Desa, DPPKB, Kepala Puskesmas, Kepospol, BPD,  LPMD, RT/RW, perwakilan PKK, Karang Taruna, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Bidan Desa, dan unsur lembaga pendidikan di desa Mekarjaya.

Camat Kabandungan yang diwakili Sekretaris kecamatan  menuturkan bahwa kehadiranya adalah sebagai tim monitoring kecamatan pada acara Musrenbangdes  Mekarjaya, selanjutnya beliau  mengungkapkan beberapa Hal  Diantaranya :

  1. harus ada korelasi antara visi kabupaten sukabumi dengan pembangunan desa dan menjadikan visi kabupaten sebagai ruh bagi penyelenggaraan pembangunan desa.
  2. seluruh pihak harus ikut berpartisipasi dalam mengawal realisasi Dana Desa
  3. Musrenbangdes harus menjadi sarana untuk mewujudkan cita-cita dan kebutuhan masyarakat

Dalam acara tersebut dibahas rencana pembangunan tingkat desa yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang sekaligus menetapkan prioritas kebutuhan masyarakat dan kegiatan desa yang akan dibiayai melalui APBDes termasuk Dana Desa atau sumber pendapatan lainnya yang sah.

Pendamping Lokal Desa Mekarjaya Wahyudin kepada Sabadesa.Id mengungkapkan dengan adanya Dana Desa terutama anggaran untuk pemberdayaan agar dapat dimaksimalkan baik dalam penggalian dan peningkatan kapasitas SDM maupun dalam hal penyerapan anggaran yg tepat, efektif dan produktif sehingga dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat desa mekarjaya. (eher)