Sabadesa.id-Jayabakti Kec. Cidahu (27/10). Desa Jayabakti Kecamatan Cidahu terus meningkatkan SDM Kader Posyandu dan memanfaatkan kucuran dana dari Kementerian Desa dengan mengadakan Pelatihan Kader Posyandu Desa Jayabakti di Aula Kantor desa pada hari Jum’at tanggal 27 Oktober 2017 yang dihadiri oleh Kasi PM kecamatan cidahu, kepala desa, Kepala UPTD Puskesmas Cidahu, perangkat desa, pendamping desa, LPMD, dan para kader se-desa Jayabakti.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu ini dimulai pada Pukul 08.00 dengan di buka lansung oleh kepala Desa Jayabakti, dan sambutan dari Kasi PM serta Pendamping Desa, dilanjutkan dengan pelatihan oleh Kepala UPTD, di dalam pelatihan tersebut, Kepala UPTD menuturkan “kita sebagai kader posyandu yang sering bersentuhan langsung dengan masyarakat, harus melek dan menginformasikan bahwa pemberdayaan masyarakat desa khusunya posyandu itu merupakan salah satu pemberdayaan yang sangat penting untuk kemajuan desa, mulai dari pendataan balita, kehamilan, gizi buruk dll”. Hal senada di sampaikan pula oleh Pendamping Desa Jayabakti, “Setelah UU Desa diterbitkan, masyrakat harus paham dan aktif khusunya dalam pemberdayaan, bahwa Kementerian Desa melalui Dana Desa telah menganggarkan untuk pemberdayaan masyrakat sekitar 30% dari dana desa yang di kucurkan.”

Kepala Desa Jayabakti menyampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang terlibat aktif dalam kegiatan pelatihan Kader Posyandu ini, mudah-mudahan ini adalah langkah Pemerintah Desa untuk terus meningkatkan Pelayanan Kesehatan dan Pendataan di berbagai sektor pemberdayaan. fiya_